Duo Ranger

Senin, 07 Januari 2008

Jatinangor oh....jatinangor




Jatinangor oh....jatinangor

Sudah jangan ke jatinangor masih ada tempat lainnya....penggalan lagu tersebut berasal dari band PANAS DALAM, band yg lrik2nya terkadang menggelitik dan unik. Menurut salah satu pendiri band ini yang dahulu sering berbincang – bincang dengan saya, lirik tersebut merupakan pengalaman pribadi dari seorang temannya yg putus dari pacarnya yg kuliah di jatinangor dan dia sendiri kuliah di bandung, karena udah putus jadi ga bisa ke jatinangor lagi, padahal jatinangor itu adalah tempat yg penuh kenangan gitu....katanya....

JATINANGOR yang bahasa kerennya Jatinenjer adalah sebuah kawasan pendidikan. Dulu, kata penduduk asli sini jatinangor sepi masih sawah dan bukit – bukit tapi sekarang wah udah jadi kota satelit yg padet, sesek dll.
Kadang – kadang, kasian juga sama jatinangor. Soalnya kebanyakan orang dikit – dikit nyalahin jatinangor. Misalnya nih, gara – gara kos di jatinangor nih gw jerawatan, jadi item, jadi diare, jadi DB, he...he...padahal kan mungkin aja ada sebab2 lainnya ya kaya ga jaga kesehatan malas bersih – bersih dan lain sebagainya. Trus ada juga yang depresi, stres dan akhirnya memutuskan pindah ke universitas lainnya. Sebabnya memang beragam, dari lingkungan yang kurang cocok sampai sebab2 lain misalnya karena jatinangor itu kecil ga kaya kota gede lainya udah gitu stres ga ada hiburan, kalo kemana – mana ketemunya ama orang itu itu lagi, bosen ngeliat manusia yg umurnya sepantaran alias jarang nemuin anak kecil atau nenek – nenek.
Memang sebab sepele bisa berakibat fatal kalau di biarkan terus – menerus. Lama – lama bisa merambat ke masalah akademis atau pergaulan. Intinya, yaa harus luruskan niat, untuk apa kita ada di jatinangor ini, terus kalo rasa jenuh udah merajai yaa lakuin aktifitas yg bisa bikin otak fresh kaya olahraga, keliling – keliling ke kampung – kampung kalo memungkinkan rangkul masyarakatnya, ngajar TPA atau sekedar sharing sama penduduk sekitar, tanya apakah mereka punya masalah atau unek – unek, seenggaknya kalo hidup kita berguna bagi sesama hidup akan lebih punya arti. Nah saat kita jalan – jalan itu kan kita bakal nemuin anak – anak, nenek – nenek jadi kan kita gak jenuh lagi.
Pernah gak ya kita terimakasih ke jatinangor tercinta ini, he,,he,,,udah di sedot airnya buat kita mandi, tanah nya di gali – gali buat bikin kos2san yang saat ini kita tempatin, udaranya udah di kontaminasi ama asap dari ojek atau angkot yang kita naiki menuju kampus, belum sampah – sampah yang ga tau lari ke mana. Paling enggak jatinangor di perlakukan secara adil, walau sering disalahkan tapi mungkin butuh juga di hargai atau di banggakan. Kenyataannya inilah tempat kedua kita setelah kampung halaman mungkin, inilah tempat dimana waktu kita banyak kita habiskan, setidaknya untuk saat ini. berbanggalah karena kita hidup disini, jatinangorkan bumi ALLAH juga.
Kalo jatinangor itu orang, punya hati, punya mata, punya telinga, gimana ya? Gimana perasaan si jatinangor itu, Kalo dia punya mata pasti matanya pedih karena asap dari kendaraan atau dapur yg berasal dari kantin2 yg biasa kita beli. Kalo dia punya telinga, pasti telinganya udah jadi bebal karena tiap hari terdengar suara laju kendaraan yg hilir mudik, atau dari klakson2 yg di bunyikan ketika jam2 macet berlangsung. Untungnya jatinangor bukan orang, tapi apakah itu menjadi alasan untuk tidak menjaga, merawat keseimbangan tanah, udara dan airnya. Saya percaya bahwa alampun berbahasa, tapi, apakah kita siap mendengar bahasa2 sumbangnya?
posted by Duo Ranger at 06.30

4 Comments:

pastinya jatinagor sudah menghilangkan rasa rinduku terhadap bioskop dengan menyediakan jatoz, gila
cuma sepuluh ribu dari senin sampe jumat, mana ada di jakarta yang begituan
lw juga jangan boong kalo lw menikmati fasilitas2 baru itu kan?
walaupun membuatku semakin kepanasan.
dan jatinagor tetap akan bangga, karena pernah didatangi oleh orang seperti gw ini
hahahahaha

13 Januari 2008 pukul 02.56  

Memory 2001 - 2006

5 Tahun hidup di Djatinangor....
(Demi menuntut el-mu....)

5 tahun kos ga pindah2, di Hegarmanah...
maklum kaga bisa nyewa di daerah Ciseke...(yang penting deket Masjid)

5 Tahun ke kampus jalan Kaki 20 menit, nanjak lagi lewat Tanjakan hegarmanah...(Sehat euy)

5 Tahun menu makannya nya warung nasi mak ipah, Bu Ner, kalau lagi awal bulan sesekali ke Pedro atau ke Ampera...hehe... (Murah meriah...)

Ada suka dan duka, yang jelas menjadi kenangan yang tak akan terlupa.
Perjuangan demi menuntut ilmu...
hiks....

Djatinangor The Land Of Warior....
5 tahun ku disana....

Tapi semua ini ada hikmah didalamnya, makanya yang sabar. karena kita gak tahu dibalik semua ini...

pesan aja dah yang masih kuliah...
Kuliah yang bener, kasihan orang tua nyekolahin jauh2...mahal lagi...

14 Januari 2008 pukul 05.50  

diantara tulisan-tulisan yang lain g merasakan kalau tulisan ini lah yang paling mudah aku mengerti diantara yang lainnya...huuuu parah banget ya

karena nanaren dah banyak comennya balas donk ya ke kita okokok...

satu lagi kalau bisa layoutnya jangan terlalu gelap jujur aga susah bacanya sorry ya

15 Januari 2008 pukul 05.04  

bagus riZz....tp isi nya lebih fariasi lagi dunk britanya!!!!
mana Kota BandunKnya???
Jangan JatinanGoR aje atUh...
tapi T-O-P lah!!!!
mOga dpt niLai A+++++++!!!!!!

31 Januari 2008 pukul 04.48  

Posting Komentar

<< Home